Senjata Ngeblog Saya - Ramadhansyah Arifani


Telah diperbarui pada 1 Desember 2020

Berawal dari melihat postingan orang lain yang membagian Properti atau "Senjatanya" dalam membuat Blog. Di bawah ini adalah daftar Properti Blog ramadhansyaharifani.com yang saya gunakan untuk keperluan Blog.

Umum:
1. Blogger.com – Penyedia web yang saya gunakan untuk keperluan ngeblog adalah Blogspot.
Kenapa memilih Blogspot? Bukan WordPress?
Sebetulnya ada rencana web ini saya alihkan ke WP atau dengan blog baru. Hanya saja saya mau belajar dulu tentang Bloging, SEO, Algoritma, dll. Karena saya masih Pemula jadi sampai saat ini saya masih memilih Blogspot. Toh Blogspot juga merupakan produk dari Google sendiri. Selain itu Blogspot juga tidak perlu membayar jasa hosting, jadi secara pengeluaran lebih murah.

2. Linkmagz.sugeng.id – Template Premium yang sudah saya gunakan sejak saya mulai serius di dunia bloging.
Kenapa memilih LinkMagz? Bukan yang lainnya?
Sebelumnya saya menggunakan template bawaan dari google. Namun saya memutuskan untuk menggantinya dengan template premium buatan Mas Sugeng dan awalnya blog ini menggunakan template Viomagz. Karena saya suka dengan fitur darkmode pada template LinkMagz jadi saya putuskan beralih ke template LinkMagz sampai saat ini.

3. Rumahweb.com – Tempat saya mendaftarkan Blog ini ke domain TLD (top level domain).
Kenapa Rumahweb? Bukan yang lainnya?
Karena Tutorial mendaftarkan domain TLD yang pertama kali saya pelajari itu lewat Rumahweb.

SEO (Search Engine Optimization):
1. Google Search Console – Tool dari Google yang saya gunakan untuk memonitor blog saya di Google.
Google Search Console adalah tool wajib yang mesti digunakan bagi seorang blogger untuk memastikan blognya baik-baik saja, fitur yang ada juga bisa digunakan guna memaksimalkan kinerja blog.

2. Bing Webmaster Tool – Tool dari Bing yang saya gunakan untuk memonitor blog saya di Bing.
Fungsinya sama seperti Google Search Console, hanya saja tool ini bawaan dari mesin pencari Bing. Saya sarankan untuk menggunakan tool ini karena akan lebih memaksimalkan blog daripada hanya menginput ke Google Search Console saja.

3. Google Submit URL – Untuk submit URL blog agar artikel cepat terindex di Google.
Inilah senjata utama para blogger. Karena jimat para blogger "artikel itu segalanya". Sudah pasti untuk menginput URL ke Google Submit URL adalah sebuah kewajiban. Supaya artikel bisa cepat terindex oleh mesin pencari Google.

4. Bing Submit URL – Untuk submit URL blog agar artikel cepat terindex di Bing.
Fungsinya sama dengan Google Submit URL, hanya saja tool ini bawaan dari mesin pencari Bing. Karena orang mencari artikel di internet bukan hanya lewat Google saja. Meskipun persentasenya lebih kecil dari Google tapi setidaknya bisa meningkatkan traffic blog.

Kerangka Menulis:
1. Microsoft Word – Software text editor untuk membuat kerangka artikel yang akan diposting.
Sebelum posting artikel di blog, saya menggunakan Microsoft Word untuk membuat kerangka artikel dahulu. Karena tidak semua artikel yang ditulis hari itu langsung diposting di hari yang sama. Selain itu, membuat kerangka artikel dulu bisa lebih rapi strukturnya dan lebih lengkap pembahasannya.

2. Notepad – Software text editor agar teksnya menjadi netral.
Setelah artikel jadi yang ditulis pada Microsoft Word dan kalian hendak memposting di blog. Saya sarankan copy dulu artikelnya ke Notepad guna menetralkan teksnya. Maksudnya menjadikan teksnya sama baik tulisan bold italic underline text color, baru dirapikan di dalam blognya sendiri. Dan jangan lupa klik dulu "Pratinjau" sebelum posting untuk memastikan kerapihan artikel.

3. Photoshop – Software photo editor yang sering saya gunakan.
Photoshop ini saya gunakan untuk mengedit tumbnail, karena tumbnail juga merupakan hal penting pada sebuat artikel. Tumbnail yang unik dan menarik dapat memicu orang untuk mengklik artikel, terlebih jika artikelnya dishare di facebook atau media sosial lainnya.

4. Pixabay – Untuk mendownload gambar gratis.
Pixabay merupakan website penyedia gambar gratis yang saya gunakan untuk mencari tumbnail yang relevan dengan artikel yang diposting. Saya sarankan ambil stok gambar dari website semacam ini, jangan sesekali mendownload gambar di Google Image karena bisa saja gambar itu memiliki lisensi dari pemiliknya nanti akan membuat repot jika pemiliknya mengklaim gambarnya. Memang tidak semuanya memiliki lisensi, jika pun terpaksa pastikan lisensinya dulu.

4 comments for "Senjata Ngeblog Saya - Ramadhansyah Arifani"

Comment Author Avatar
Senjata blogging saya
1 Blogger
2 Chrome
3 Notepad ++ (Cobain deh pasti nagih)
4 xamp + wp + yoast (mayan buat nembak keyword gan)
5 ....
Comment Author Avatar
Beli domain enaknya di provider mana Mas? Yang stabil server nya. Binging saya.
Comment Author Avatar
kalo menurut saya, jika diurutkan:
1. hostinger
2. niagahoster
3. rumahweb
4. idwebhost
5. domainesia